Optimalisasi Perpustakaan Ramah Anak di MI Roudlotut Thullab Cepit Desa Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung: Pendekatan Participatory Action Research
DOI:
https://doi.org/10.71024/bhakti.2024.v2i1.162Keywords:
Literasi, Perpustakaan Ramah Anak, Participatory Action ResearchAbstract
Penguatan kemampuan literasi bagi anak-anak usia sekolah dasar merupakan fondasi penting untuk mempersiapkan generasi yang unggul dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan di MI Roudlotut Thullab Cepit Desa Bagusan Kecamatan Parakan kabupaten Temanggung sebagai perpustakaan ramah anak melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR). Melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan lokal seperti kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, serta komunitas literasi Forum Anak Kabupaten Temanggung dan Temanggung Book Party, dilakukan serangkaian intervensi untuk meningkatkan fungsi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat baca, aksesibilitas perpustakaan, serta keterampilan literasi siswa. Studi ini memberikan kontribusi nyata terhadap pengelolaan perpustakaan berbasis komunitas sebagai salah satu solusi inovatif dalam meningkatkan literasi di sekolah-sekolah berbasis agama.
Downloads
References
Alam, S. (2022). Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023#google_vignette
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring obstacles in language learning among prospective primary school teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249–254. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700
Chasannudin, A., Aqiliya, K. A., Afroh, A., & Syifa, A. M. (2023). Pendampingan Penggunaan Slims ( Senayan Library Management System ) Dalam Upaya Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Dasar Assistance in the Use of Slims ( Senayan Library Management System ) in Efforts to Revitalize Elementary School Libraries PENDAHULUAN P. Alkhidmah, 1(4), 17–31.
Hidayah, D., Widodo, & Hasanah, E. (2024). Optimalisasi Pelaksanaan Layanan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Academy of Education Journal, 15(2), 1504–1514. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2512
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Darmaji, D., & Melsayanti, R. (2019). Students’ attitude towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 455–460. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.16395
Qibtiyah, L., Hidayati, N., & Kirom, A. (2022). Pendampingan Revitalisasi Perpustakaan Dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. ABDINA: Jurnal Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.28944/abdina.v1i1.553
Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–381. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eri Susanti, Fathul Huda, Brian Rahma P (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












