Sosialisasi Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Canva Bagi Guru SMP Negeri 13 Kota Bengkulu

Authors

  • Siti Meizhuri Aulia Putri Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu Author
  • Siska Silviana Br Gultom Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu Author
  • Nessa Alvionita Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Kandang Limun, Muara Bangka Hulu, Bengkulu Author
  • Widiya N. Rosari Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bengkulu, Kandang Limun, Muara Bangka Hulu, Bengkulu Author

DOI:

https://doi.org/10.71024/bhakti.2025.v2i1.157

Keywords:

Canva, guru, LKPD, sosialisasi

Abstract

Di era digital, guru dituntut untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang interaktif dan berbasis digital. Salah satu platform yang dapat digunakan adalah Canva. Canva merupakan platform desain yang sangat populer karena memiliki beragam template yang dapat digunakan. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para guru dalam merancang media pembelajaran berbasis digital. Ada tiga metode yang dilakukan dalam kegiatan ini, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Namun, beberapa peserta tidak membawa laptop, sehingga tidak terlaksananya pelatihan pembuatan LKPD secara langsung. Walaupun demikian, peserta tetap antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Diharapkan untuk pelatihan berikutnya, peserta dapat membawa laptop agar tercapainya tujuan kegiatan yang telah direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Amintarti, S., Zaini, M., Ajizah, A., & Nurtamara, L. (2024). Pelatihan Pembuatan LKPD Elektronik Berbasis Kompetensi Siswa dan Lingkungan Sekolah kepada Guru Biologi SMA/Sederajat. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 3(3), 587—598. https://doi.org/10.20527/ilung.v3i3.11624

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 2(1).

Ayuningtyas, V., Oktivani, I., Muliya, I. C., Wulandari, I. D., Halimatussyadiyah, H., Nabila, H. F., & Riskia, G. P. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Keterampilan Guru SMP dalam Membuat LKPD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1797—1807. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.12868

Bela, N., & Ferawaty, L. (2023). Pelatihan Pembuatan E-LKPD Melalui Liveworsheets dan Canva di SMPN 3 Merauke. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 3(1), 14—24.

Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221-226-221–226.

Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2021). Mewujudkan merdeka belajar: Studi kasus program kampus mengajar di sekolah dasar swasta di jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.

Madang, K., Tibrani, M. M., Susanti, R., Amizera, S., & Permata, S. (2024). Pelatihan Pembuatan E-LKPD Berdiferensiasi Berbasis Liveworsheet bagi Guru IPA di Musi Banyuasin untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 41—50.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Ristiawan, R., Dwitiyanti, N., & Selvia, N. (2023). Pelatihan Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran Digital bagi Guru SDN Sukarapih 01 Kab. Bekasi. Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(2), 242—250.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209—2013. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952

Suharyanto, E., Tristianto, C., & Persada, G. N. (2022). Cara Desain Poster Promosi Dari Aplikasi “Canva” Pada Smp Pgri 1 Ciputat. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 171–177.

Wiyono, K., Zulkardi, Z., Madang, K., Suhery, T., Yusup, M., Effendi, E., Hapizah, H., Anwar, Y., Meryansumayeka, M., & Shahrill, M. (2024). The preliminary prototype of learning material based on STEM framework in renewable energy topic. AIP Conference Proceedings, 3052(1).

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Aulia Putri, S. M., Siska Silviana Br Gultom, Nessa Alvionita, & Widiya N. Rosari. (2025). Sosialisasi Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Canva Bagi Guru SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Bhakti: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.71024/bhakti.2025.v2i1.157

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>